Let’s Cook. Honey Roasted Chicken.


Beberapa pekan terakhir, aku sedang keranjingan memasak. Ternyata, memasak itu menyenangkan! Dari remaja, sebenarnya,sih, suka membuat kue dan penganan ringan di rumah. Namun, untuk urusan memasak? Nanti dulu, deh.

Membayangkan mesti menghafal berapa siung bawang merah, memilih apakah harus menggunakan ketumbar atau merica (lada), atau menentukan seberapa banyak takaran garam, gula, atau kecap yang digunakan untuk mempertajam rasa, langsung membuat ogah-ogahan. (Sebenarnya, sih, karena enggak pede sama kemampuan lidah dan otak menentukan bumbu)

Sementara, kalau membuat kue kan mudah. Toh, sudah ada takarannya, dan ikuti saja sesuai takaran dan bahan. Jangan berlebih atau kurang, maka kue pun aman dibuat. Tapi, pada perjalanannya, pekerjaan yang menyita waktu membuat urusan membuat kue menjadi jauh lebih menyiksa (karena step by stepnya lebih ribet dan waktu jadinya lbh lama dari memasak). Ujung-ujungnya, pasti beli makanan.

Belakangan ini, lagi sering melihat acara memasak di televisi. Tambahan, seorang teman tampak sangat getol memasak dan ketika dia berbagi step by stepnya, loh, kok, ternyata enggak susah? Akhirnya, bener-bener akhirnya, nih… aku mulai nyemplung ke dunia masak memasak (enggak nyangkaaa haha).

Nah, resep yang pingin kubagi ini merupakan salah satu masakanku, yang dibilang nyam nyam sama semua yang icip-icip. Jadi, enggak papa, kan, kalau kubagi di blog? Tambahan pula, resep berikut mudah dibuatnya. Selamat mencoba, yaa🙂

Honey Roasted Chicken

Bahan-bahan

6 siung bawang putih diparut

1 sdt garam

1 ayam broiler potong 12 atau 10 sesuai selera

cincang halus bawang bombai secukupnya

100 ml air kaldu ayam

5 sdm madu

3 sdm saus tomat

merica bubuk secukupnya

perasan lemon atau jeruk nipis (jika suka)

Cara membuat

  1. Cuci bersih ayam. Lalu, balurkan ke dalam parutan bawang putih, dan garam. Tekan-tekan sampai bumbu menyerap. Diamkan 2 menit lalu goreng 3/4 matang.
  2. Panas47487d73-75ec-4c35-afe9-08b59a52176e.jpgkan wajan. Tumis bawang bombai hingga harum. Lalu masukkan air kaldu ayam, madu dan saus tomat. Jangan lupa tambahkan garam dan merica (tak perlu gula lagi karena sudah manis dari madu).
  3. Setelah mendidih dan tercampur kuah madu, masukkan ayam goreng hingga kuah mengental dan menyusut. Tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis
  4. Setelah kuah menyusut dan kental (seperti air ungkepan), angkat ayam dari wajan.
  5. Siapkan panggangan dan panggang ayam hingga cokelat keemasan.

    ayam
    ini hasil ayam setelah dibalur kuah madu. siap dipanggang. (Dok. Utami)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s