Asiknya Main Yoyo


Image 

Hendra terdiam sejenak. Tangannya mengeluarkan mainan yo-yo dari dalam kantong celananya. Tak lama kemudian, benda bundar bertali itu meluncur ke lantai dan terpelanting lagi ke atas. Gerakan tangannya lincah dan matanya fokus.

Hendra merupakan salah satu anggota dari komunitas yo yo STAR (Spinner Tangerang) yang sering berlatih yo yo di Mall Lippo Karawaci bersama dengan anggota lainnya. Ia telah bergabung dengan STAR semenjak didirikan pertama kali pada awal tahun 2011.

“Saya senang main yo yo sejak kecil. Dulu kan sempat booming tuh permainan yo yo. Cuma karena dulu belum punya uang jadi belum bisa beli. Setelah besar, saya akhirnya bisa membeli yo yo pertama dan gabung sama komunitas yo yo,” jelasnya saat ditemui di Tangerang.

Sementara itu, menurut Dennis, STAR dibentuk tanggal 9 Januari 2011 dengan tujuan mengumpulkan para spinner (pemain) yo yo di wilayah Tangerang. Di daerah itu sudah banyak pemain yo yo yang cukup handal tetapi belum ada wadah yang menyatukan mereka. Dennis dan teman-temannya akhirnya membentuk STAR untuk lebih memudahkan komunikasi antar pemain yo yo Tangerang.

“Sebelum di STAR, saya sempat gabung sama komunitas yo yo Indonesia, terus karena melihat semakin banyak pemain yo yo asal Tangerang, STAR akhirnya dibentuk dengan anggota awalnya 10 orang,” jelasnya melalui telepon.

Para anggota kemudian saling berkumpul untuk berbagi ilmu dan juga berlatih yo yo bersama. Pada dasarnya, kata Dennis, ada lima divisi dalam permainan  yo yo. Divisi itu antara lain 1A, 2A, 3A, 4A, dan 5A. Divisi 1A merupakan divisi yang paling populer karena selain yang digunakan yo yo berukuran lebih besar juga pemain lebih fleksibel dalam menciptakan trik baru. Divisi 2A memainkan dua buah yo yo pipih yang dimainkan dengan mengatur kordinasi antara gerakan tangan kanan dan kiri.

Sementara divisi 3A, yang merupakan gabungan antara teknik 1A dan 2A kata Dennis merupakan yang tersulit karena dalam divisi ini banyak teknik dengan melibatkan tali dan dua buah yoyo. Lalu, ada divisi 4A yang paling unik karena menggunakan yo yo berukuran besar tanpa tali. Sementara 5A, tali yoyo diikatkan ke jari tangan dan bermain dengan bandul dan dadu. Pemain mesti mengatur kordinasi antara putaran yoyo dengan gerakan dadu.

“setiap pemain bebas mengeksplorasi divisi manapun sesuai dengan keinginannya. Mau langsung 4A tanpa 1A ya bisa saja, “ jelasnya.

Karena semakin berkembangnya yo yo di Indonesia, jumlah anggota komunitas STAR pun semakin banyak. Akhirnya, tahun kemarin, STAR memperingati hari jadinya dengan mengadakan kontes kecil-kecilan bagi para anggota STAR.  Di Indonesia sendiri permainan yo yo, meski perkembangannya belum lama, sudah banyak digemari oleh masyarakat muda. Banyak kreativitas dieksplorasi dan trik dihasilkan.  Tak heran, jika akhirnya, kata Hendra, salah satu pemain yo yo muda Indonesia diakui kualitasnya oleh para pemain yo yo dunia.

Melatih Refleks dan Konsentrasi

Salah satu dari sekian banyak manfaat bermain yo yo bagi Hendra, yang sudah mencintai yo yo sejak kecil dan mengidolakan Tyler Severance, adalah kemampuannya untuk melatih gerak refleks dan konsentrasi. Semenjak bermain yo yo tujuh tahun lalu, refleks Hendra menjadi meningkat, begitupula konsentrasinya. Ia sendiri telah bepergian keliling Indonesia serta ke Asiapasifik untuk menjadi demonstrator yo yo dan mengikuti kontes yo yo.

“Kuncinya ada pada teknik menyeimbangkan permainan tali, putaran yoyo, serta menciptakan trik. Kita mesti fokus dan juga melatih konsentrasi kita. Semakin kreatif trik yang diciptakan, semakin unggul permainan yo yo kita,” jelasnya.

Dennis juga mengakui hal tersebut. Bagi seorang pemula, keahliannya bermain yo yo juga ditentukan atas seberapa cepat ia mampu menangkap trik, memahami gerak, serta berkonsentrasi.

“Kadang ada yang pahamnya cepat banget dan tangkas, dalam tiga bulan aja udah bisa kuasai teknik dasar,” jelas Dennis.

Menurut situs hobbiesandhobbies.com beberapa manfaat bermain yo yo antaranya adalah  mengembangkan kemampuan motorik, meningkatkan kordinasi mata dan tangan, mengembangkan kemampuan fisik karena yo yo mempelajari gravitasi, inersia, perputaran energi dan dorongan sentrifugal, meningkatkan kesadaran ruang akut, sampai mengurangi mental stress.

Tak hanya banyak manfaatnya, bermain yo yo juga tidak membutuhkan dana yang banyak, Harga yo yo moderen di pasaran kini dijual mulai dari 50 ribu hingga 15 juta rupiah dan yo yo bisa dimainkan di mana saja serta dibawa serta ketika pergi liburan. Yang pasti, bentuknya yang mini dengan kemampuannya untuk menciptakan gerak sentrifugal menjadikan yo yo permainan yang asik untuk dieksplorasi. Tertarik mencoba?

Utami Diah Kusumawati

Jurnal Nasional, 25 Maret 2012

 

Image

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s