Ngeteh Yang Berbuah Sehat


Image

Ngeteh yang Berbuah Sehat

Jurnal Nasional | Minggu, 19 Feb 2012

Rutin minum teh sambil nyantai di Siang Ming Tea House bisa menyehatkan tubuh.

Utami Diah Kusumawati

utamidk@jurnas.com

APAKAH Anda sering merasa pusing, sakit kepala, dan jantung berdebar-debar? Alih-alih pergi ke dokter dan punya ketergantungan obat, cobalah untuk mengonsumsi obat alamiah seperti teh setiap hari. Teh ternyata sangat bagus khasiatnya untuk kesehatan. Hal ini diakui oleh Suwarni Widjaja, pemilik kedai teh Siang Ming Tea House dan guru Chado (meminum teh ala Jepang) kepada Jurnal Nasional saat ditemui di salah satu kedai tehnya yang oriental di salah satu sudut di areal Mangga Dua Square.

“Di Indonesia kita hanya mengenal teh sebatas untuk bersosialisasi, padahal di daratan China, teh sudah dikenal memiliki khasiat bagus untuk kesehatan. Misalnya saja untuk menurunkan kolesterol, stres, antikanker, mencegah penuaan dini, dan darah tinggi,” kata perempuan yang masih terlihat cantik dan bugar pada usianya yang sudah menginjak senja ini.

Khasiat teh bagi kesehatan ini disebabkan oleh teh memiliki zat-zat aktif seperti polifenol yang terdapat secara optimal dalam daun teh muda, dan utuh bisa menangkap radikal bebas dari polusi udara, flavonol yang merupakan zat antioksidan utama teh, serta zat lain seperti glikosida mirisetin, kuersetin dan kaampferol, ampuh menghalau kanker dan menurunkan kolesterol. Sehingga, tak heran meminum secangkir teh secara rutin setiap hari membuat tubuh Anda akan terasa jauh lebih segar dan ringan.

“Teh sendiri terdiri atas banyak macamnya. Teh China misalnya, terdiri atas jenis teh Oolong (Ching Cha), teh hijau, teh hitam atau Phu Erl, teh Merah, teh Bunga, serta teh putih. Dua jenis yang paling dikenal biasanya adalah Oolong dan Phu Erl. Untuk orang yang belum terlalu terbiasa minum teh, Oolong biasanya lebih difavoritkan. Karena aromanya jauh lebih harum dari Phu Erl. Tetapi, kadang Phu Erl, untuk menambah aroma, bisa dicampurkan dengan teh krisan,” katanya.

Untuk meminum teh, Suwarni memulainya dengan mencuci teh terlebih dahulu selama 20-25 detik. Ia memakai perlengkapan seperti teko untuk memasak air, teko untuk daun air, wadah saringan teh, satu set perlengkapan jepitan, serta chapan atau wadah terbuat dari fosil batu yang diukir.

Proses pembuatannya pertama-tama air panas direbus dalam teko, lalu dituangkan ke dalam pot kecil terbuat dari tanah ungu yang berisi daun teh. Kemudian, air dalam pot kecil dibuang untuk menghilangkan debu-debu yang melekat dalam tubuh daun teh. Setelah mengulangi proses ini dalam jangka waktu yang ditentukan, teh yang sudah disaring, siap disajikan ke dalam gelas aroma (wen xiang pei) dan gelas minum.

“Sebelum diminum, teh bisa dicium dulu aromanya dengan menggunakan gelas yang ramping ini. Kegiatan mencium aroma teh bisa membuat tubuh menjadi lebih relaks,” katanya.

Maka, teh yang diletakkan di dalam gelas aroma kemudian dituangkan ke dalam gelas minum. Sisa aroma akan mengendap dalam gelas aroma dan Anda bisa mencium aroma selama beberapa menit. Aroma teh yang harum ditambah dengan sisa uap air yang hangat merambat masuk melalui hidung akan merelaksasikan saraf indera Anda yang tegang dan kaku.

“Banyak yang meminum teh dengan sekadar minum saja. Padahal, kegiatan mencium aroma teh ini juga merupakan sebuah aktivitas yang menyehatkan,” katanya.

Di Siang Ming Tea House sendiri, disediakan berbagai jenis teh mulai dari India, Srilangka, Huang Zhuo, Jepang, juga Indonesia. Anda bisa memesan mulai dari Siang Ming Tea Special, berupa teh Oolong (teh hijau tua) dari Taiwan, Thousand Blossom yang merupakan infusi dari bunga krisan dan melati, Classic Tea yang terdiri atas Earl Grey, Lady Grey, Darjeeling, dan English Breakfast, Citrus Phu Erl Excellent, Teh Nusantara yang bervariasi dari teh merah, serta Phu Erl Bambu Bakar yang merupakan minuman khas penduduk daerah Yunnan, China. Untuk in house brewing, harganya sekitar Rp50 ribu sampai Rp75 ribu untuk 4 orang.

Image

Bagi Anda yang awam sekali mengenai teh, Anda bisa berkonsultasi dengan staf di kedai ini dan mereka akan membagikan pengetahuan teh kepada Anda. Jika Anda ingin memesan teh yang sesuai untuk persoalan kesehatan, Anda sebaiknya berkonsultasi dulu jenis teh apa yang cocok untuk Anda.

Selain teh orisinal, di kedai teh yang cabangnya buka di daerah Mangga Dua Square, Kelapa Gading Mall, Gandaria City, Serpong, serta Ruko Palais de Europe Karawaci ini juga disajikan teh blended atau campuran seperti di antaranya Green Tea Latte, Teh Tarik, Japanese Whisked Green Tea, Lemon Grass Tea, Mixed Fruit Tea, Japanese Matcha, dan Ginger Tea dengan harga yang terjangkau. Selain teh, terdapat juga menu makanan seperti Mie Sapi Taiwan, Zha Jiang Mian, Ta Lu Mian, Chicken Wings, Bakso Goreng, Pisang Goreng Lumpia yang semuanya halal seharga Rp13.500 sampai Rp30 ribu.

Untuk Anda yang tertarik untuk tahu lebih banyak tentang teh, Suwarni yang belajar teh mandiri sejak kecil juga menyediakan kelas privat mengenal teh dengan harga khusus.

Meminum teh sembari menikmati makanan ringan di kedai teh seperti Siang Ming Tea House menjadi sebuah aktivitas yang menenangkan dari keriuhan juga tingkat stres tinggi di jalan raya. Tak ada salahnya mampir dan mulai merutinkan diri dengan meminum teh utamanya agar tubuh menjadi lebih sehat dengan cara yang jauh lebih alamiah, dan tentunya, murah. Bukankah kesehatan merupakan yang terutama dalam hidup Anda?

***

Siang Ming Tea House

– Jln Bungur Besar 17 No 7/84, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran

(021) 42804436.

– Mangga Dua Square lt B1 No 43-49, Jln Gunung Sahari Raya No 1

Image

Dokumen foto:Utami D.Kusumawati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s