Foto: Utami D. Kusumawati

HANG OUT: KEMIRI

MEMASUKI kawasan jalan raya Mampang, ada sebuah mall yang dibangun belum lama ini, yakni PEJATEN VILLAGE. Meski baru didirikan, mall ini memiliki cukup banyak pilihan tempat nongkrong bagi anak muda. Tempat ini juga pilihan yang tepat bagi Anda yang hendak melarikan diri sementara dari kemacetan Jakarta pada jam pulang kantor sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke rumah.  Salah satu tempat yang direkomendasikan di mall ini adalah KEMIRI.

Kemiri merupakan sebuah areal foodcourt yang dikonsep mengambil tema pasar Betawi tempo doloe. Konsep tersebut tampak bahkan sudah ditampilkan semenjak pengunjung memasuki pintu depan: sebuah becak tua serta gerobak dipajang di dekat pintu masuk. Dari sini, pengunjung sudah bisa menilai atmosfer apa yang hendak ditampilkan di KEMIRI.

“KEMIRI didirikan akhir Desember 2009 di bawah pengelolaan PT Prima Cipta Lestari. Perusahaan ini pada dasarnya berfokus pada dua grup makanan, yakni Indonesia dan Chinese. KEMIRI merupakan salah satu lini kami yang berfokus pada masakan nusantara,” jelas Ilham Mayadi, manajer resto, ditemui di KEMIRI, beberapa waktu silam.;

Konsep yang diusung oleh tempat ini, dengan mengambil atmosfer Betawi tempoe doeloe, adalah untuk memunculkan nostalgia kembali akan masa lalu Jakarta. Oleh karena itu, pada sisi interior foodcourt ditemukan pernak-pernik seperti warung jajan pinggir jalan lengkap dengan kaleng kerupuk serta jajanan anak-anak masa lalu, jendela besar khas bangunan Batavia, lampu antik, serta tembok dengan finishing yang seolah belum selesai. Pemilihan pernak-pernik dan elemen masa lalu ini unik mengingat sekarang ramai bermunculan foodcourt yang mengusung konsep futuristic serta minimalis.

Di KEMIRI, pengunjung bisa bebas memilih makanan atau minuman yang mereka mau, semua di corner atau stall yang tersebar di seluruh ruangan. Ada 20 stall dengan aneka jenis makanan dan minuman khas nusantara dibagi per tema. Pengunjung bisa membeli makanan atau minuman di stall dengan menggunakan kartu yang akan dibayar di dekat pintu keluar. Harganya bervariasi mulai dari sekitar Rp 10.000 hingga Rp. 40.000.

Misalnya saja  stall Aneka Sate yang menyajikan berbagai macam sate diantaranya  sate ayam warung jati, sate sapi maranggi serta sate kambing muda tegal. Sementara,  bagi Anda yang kangen dengan menu makanan Jawa, ada stall Mie Jawa yang menawarkan Mie Jawa ataupun Bakmi Goreng Jawa. Selain Mie Jawa, ada juga stall Gudeg di mana Anda bisa mencicipi menu Nasi Liwet Solo ataupun Gudeg Yogya dengan isi lauk yang beragam.

“Selain masakan nusantara, setahun lalu, kami mulai juga mengangkat menu makanan Asia. Makanya, di sini sudah ada Teppanyaki Corner, Thaifood Corner, ataupun stall Roti Prata di bagian belakang sana,” jelas Ilham.

Penyajian menu Asia di KEMIRI, oleh Ilham, dikatakan menyesuaikan dengan pangsa pasar pengunjung PEJATEN VILLAGE. Meski demikian, ia menolak kalau KEMIRI dikatakan telah keluar dari konsep kelokalan. Hal itu dibuktikan, kata Ilham, untuk setahun ke depan ini, yakni di tahun 2012 ini, KEMIRI akan fokus untuk mengeksplorasi makanan dari Indonesia. Pada akhir bulan Januari nanti, KEMIRI akan menghadirkan stall Balinese khusus bagi mereka yang rindu dan menggemari makanan dari pulau Dewata tersebut.

“Yang pasti, akan ada nasi ayam dan bebek betutu dan sate lilit. Menu lainnya, masih dipertimbangkan,” jelasnya.

Pemilihan makanan yang khas nusantara serta desain interior yang membawa kenangan kita akan sesuatu yang berbau lokal di tengah geliat dan hiruk pikuk kota, sedikit banyak mampu memberikan kesan tersendiri. Terlebih, ukuran tempat yang cukup luas sehingga selain makan , pengunjung juga masih bisa bercengkerama dan mengobrol dengan rekan, teman, atau keluarga dengan akrab. Urusan rapat pun masih bisa dilakukan di tempat ini sembari mendengarkan lagu-lagu jadul ataupun tembang Jawa yang menenangkan.

“Untuk urusan rapat, ulangtahun, gathering, reuni, pesta, ataupun acara khusus lainnya, kita bisa fasilitasi. Tempat ini memiliki kapasitas hingga 600 orang. Untuk harga paket, kami serahkan saja ke pengunjung mau mengisi ulang kartu seberapa besar,” jelasnya.

KEMIRI dibuka dari pukul 10 pagi hingga 10 malam namun masih bisa disesuaikan sesuai kebutuhan pemilik acara. Untuk ke depannya, Ilham mengatakan KEMIRI akan terus mengeksplorasi makanan nusantara dari daerah-daerah di Indonesia lainnya.

Alamat

KEMIRI

PEJATEN VILLAGE lantai 3

Jl. Warung Jati Barat 39, Jati Padang

Pasar Minggu, Jakarta Selatan

(021) 7819860

Jam buka: 10.00 – 22.00

Kapasitas: 600 orang

Utami D. Kusumawati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s